RSS

Tip Belanja Online

03 Nov

Hobby belanja online ?  Simak tip-tip berikut ini :

  1. Syarat utama adalah selalu gunakan koneksi internet yang stabil dan aman. Agar aman, lakukan di rumah atau di kantor, jangan di warnet. Yang pertama dilakukan adalah mencari tempat sejenis yang menjual barang yang serupa untuk membandingkan harga. Hal ini butuh waktu dan riset lewat browsing. Tak masalah, bersabar saja. Kepuasan berbelanja online adalah Anda bisa mendapatkan harga yang paling kompetitif.
  2. Sambil membandingkan harga, hitung ongkos kirim yang dibebankan. Ada website yang memberikan diskon ongkos kirim, bila Anda membeli dalam jumlah banyak. ‘Patungan’ belanja dengan orang lain juga bisa dilakukan untuk menghemat.
  3. Setelah menemukan benda yang cocok, segera telepon nomor yang tertera untuk mengecek apakah tersedia stocknya. Ini penting, karena sering kali website tidak cepat meng-update stock barang. Kadang-kadang barang tersebut harus pre-order. Artinya, barang harus Anda order dahulu, baru akan tersedia sekitar 1-2 minggu lagi.
  4. Bila tidak tersedia nomor telepon yang bisa dihubungi, jangan teruskan transaksi Anda.
  5. Sistem pembayaran juga penting. Cara populer di Indonesia adalah melalui transfer ATM. Cukup praktis dan relatif aman. Hanya, pastikan website tersebut sudah dikenal aman. Bila membeli di mancanegara, gunakan jasa layanan pembayaran online, seperti paypal, wirecard, atau lainnya. Sistem ini lebih aman dibandingkan langsung memasukan nomor kartu kredit. Biasanya, ada jaminan 30 hari uang kembali, bila barang tidak sampai, salah, atau rusak selama pengiriman.
  6. Jangan lupa mencetak (print) invoice atau bon transaksi sebagai dokumen yang harus Anda simpan.
  7. Teliti melihat jumlah yang harus dibayar. Kadang-kadang, ada website yang mencantumkan harga yang lebih murah, tapi ternyata ongkos kirimnya lebih mahal.
  8. Jangan pernah mengirim nomor kartu kredit melalui e-mail
  9. Untuk website yang sangat Anda sukai, tak ada salahnya mendaftar newsletter pada website tersebut untuk mendapatkan update diskon atau penawaran spesial.
  10. Lakukan pengecekan secara lengkap kepada penjualnya. Lakukan transaksi hanya dengan penjual yang memiliki feedback 100 persen. Sebaiknya Anda berkorespondensi terlebih dahulu dengan si penjual, bila banyak keraguan.
  11. Memang kelemahan belanja online adalah Anda tak bisa mencoba dan mematut barang yang diinginkan di depan kaca. Namun, hal ini tak menjadi masalah. Minta ukuran detail barang yang Anda inginkan. Lakukan via telepon atau e-mail. Begitu juga soal warna, tanyakan secara detail warna benda apa yang mendekati warna benda tersebut. Misalnya, hijau daun mangga, kuning pisang atau merah semangka.

Taken from : Buklet Bonus Femina No.24/XXXVIII – 19-25 Juni 2010 – 55 TIP BELANJA

Advertisements
 
Comments Off on Tip Belanja Online

Posted by on 3 November 2010 in Tip Belanja

 

Comments are closed.